Kamis, 24 November 2011

KETERAMPILAN MENGELOLA STRES DAN MENGELOLA PERASAAN TIDAK ENAK

Perasaan tidak enak
Orang yang mengalami stres biasanya mengalami peningkatan emosi yang ditandai dengan sikap mudah marah, gelisah, malu, dan berbagai perasaan tidak enak. Perasaan tidak enak dapat berupa perasaan bersalah, perasaan tertekan, perasaan tidak sempurna, perasaan tidak mampu melakukan berbagai pekerjan. Akibat dari perasaan tidak enak seperti tadi dapat menimbulkan frustasi.
Perasaan tidak enak dapat mempengaruhi proses belajar di sekolah. Oleh karenaitu, perasaan tidak enak yang ada pada benakmu harus dibuang jauh-jauh. Begitu juga dengan perasaan frustasi. Frustasi adalah suatu kondisi psikologis yang tidak menyenangkan sebagai akibat terhambatnya seseorang dalam mencapai apa yang diinginkannya.

Cara Mengelola Perasaan tidak Enak
Perasaan tidak enak yang ada dalam pikiranmu perlu dikelola dengan baik dan benar. Apabila perasaan tidak enak dibiarkan terus menerus dalam kehidupanmu, maka akan menimbulkan permasalahan yang sangat berat bagi kehidupanmu.
Seseorang yang tidak dapat mengelola perasaan tidak enak, jika menghadapi hambatan dalam mencapai tujuannya, menjadi cepat frustasi dan kemudian menampilkan tingkah laku tertentu, sperti menjadi agresif atau sangat sedih. Adapun orang yang dapat mengelola perasaan tidak enak tidak akan cepat frustasi, jika menghadapi hambatan dalam mencapai tujuannya. Individu seperti ini justru menjadikan frustasi sebagai tema yang dapat memicunya untuk berbuat lebih baik, lebih bersemangat dan tidak mengulangi kesalahan atas kegagalan masa lalu.
Tindakan untuk mengelola perasaan tidak enak hanya dapat timbul dari diri sendiri. Orang lain ataupun gurumu hanya dapat memberikan pilihan-pilihan kegiatan yang dapat mengurangi perasaan tidak enak itu. Disini kamu dapat memilih aktivitas yang dapat menghilangkan perasaan tidak enak.
1 Percaya dirilah dengan apa yang kamu lakukan, biarkan orang lain membicarakanmu, menjelekanmu, menghinamu, yang penting kamu berusaha berbuat yang terbaik
2 Perbuatanmu dinyatakan benar atau salah bukan oleh dirimu sendiri atau teman, tetapi ditentukan oleh gurumu.
3 Rendah hati dan sabar menerima keadaan dirimu, tapi jangan merendahkan dirimu sendiri, karena Tuhan telah memberi potensi kepada setiap manusia
4 Cermat, waspada,dan hati-hati menggunakan waktu untuk belajar, sehingga tidak akan mengulangi kesalahan yang kedua kalinya.
5 Sabar dalam menghadapi permasalahan hidupmu, karena masih banyak orang yang lebih menderita dari kamu
6 Disiplin terus ditingkatkan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KETERAMPILAN MENGELOLA STRES DAN MENGELOLA PERASAAN TIDAK ENAK