Kamis, 24 November 2011

KETERAMPILAN MENGELOLA STRES DENGAN MENYAMPAIKAN KELUHAN

Pernahkah kamu mengalami kejenuhan saat belajar ? Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, banyak sekali faktor penyebabnya, antara lain kamu sulit memahami pelajaran, cara guru menyampaikan materi pelajaran yang kurang memuaskan atau mungkin hasil pelajaran yang tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, padahal kamu sudah belajar dengan sungguh-sungguh. Semua hal tersebut, selain dapat menimbulkan perasaan jenuh juga dapat menimbulkan perasaan tertekan.
Perasaan jenuh dan tertekan bisa mengakibatkan stres.. Stres dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Stres yang bersifat positif, tidak terlalu kuat dan dapat dikelola oleh orang yang bersangkutan sehingga menimbulkan usaha untuk meraih prestasi. Sebaliknya, jika stres erlalu besar dan tidak dapat dikelola oleh orang yang bersangkutan sehingga menimbulkan gangguan fisik seperti sakit kepala atau gangguan psikologis seperti cepat lupa atau cemas berlebihan.
MENYAMPAIKAN KOMPLAIN ATAU KELUHAN
Apabila kamu mulai merasakan adanya suatu kondisi psikologis yang tidak menyenangkan sehingga mengganggu proses belajarmu, segera hubungi wali kelas, guru BP, atau guru yang kamu percayai untuk mengungkapkan masalah yang kamu hadapi.
Menghadap atau dipanggil guru BP jangan dijadikan pemikiran yang negatif. Guru BP akan memberikan pandangan dan saran-saran yang dapat menimbulkan kembali semangat belajarmu. Selain itu, mungkin mereka dapat memberikan sebuah penyelesaian yang baik dari masalah yang kamu hadapi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KETERAMPILAN MENGELOLA STRES DENGAN MENYAMPAIKAN KELUHAN