Kamis, 24 November 2011

KETERAMPILAN MENGELOLA STRES DENGAN MERESPON KELUHAN

Seseorang yang mengalami stres banyak mendapat pengaruh dari lingkungannya. Misalnya, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, dan teman sebaya di sekolah dan diluar sekolah. Tekanan tersebut dapat dieroleh dari teman sekolah. Tekanan yang dari sekolah dapat juga berupa sulitnya kita untuk dapat mengikuti pelajaran di sekolah.
Lingkungan di luar sekolah juga dapat mrnjadi pemicu kestresan kita. Misalnya, kemacetan, kendaraan yang tidak teratur, sepeda motor yang saling kebut, dan pejalan kaki yang menyebrang sembarangan, itu semua dapat menghasilkan pemandangan yang tidak membuat otak kita merasa nyaman. Oleh karena itu, tekanan atau stres enderung menyerang kita, terutama orang-orang kota.

Ketika mengalami stres, seseorang akan melakukan suatu usaha untuk mengatasinya. Ada usaha yang ditujukan kepada penyelesaian masalah dan ada usaha yang ditujukan untuk mengatasi perasaan yang diakibatkan oleh stres. Usaha menguasai stres yang diarahkan kepada penyelesaian masalah akan lebih baik hasilnya dan bermanfaat dibandingkan dengan usaha emosional karena dapat menghilangkan sumber stres.
Ada beberapa cara menanggapi keluhan pribadi secara positif, antara lain dengan berolahraga, rekreasi di alam terbuka atau mendatangi tempat-tempat yang dapat membuat kita merasa lebih bersyukur, misalnya tempat seperti panti asuhan.
Olahraga yang teratur membuat badan dan otak bekerja secara baik dan normal. Olahraga juga merupakan terapi atau penyegaran bagi tubuh dan otak. Dengan berolahraga, organ tubuh kita menjadi segar dan membuat daya tahan tubuh lebih kuat. Olahraga juga mampu membuat kita melupakan sejenak mengenai masalah yang dirasakan.
Berekreasi di alam terbuka akan menyegarkan pikiran serta memperlancar peredaran darah sehingga memudahkan kita untuk berpikir dan mencari penyelesaian dari masalah yang kita hadapi.
Dengan melihat anak-anak yatim yang berada di panti asuhan, akan menyadarkan diri kita bahwa masih banyak orang yang lebih tidak beruntung dari kita. Selain itu akan timbul perasaan senang dalam diri kita karena kita sudah menolong orang lain, walaupun sekadar menghibur mereka.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KETERAMPILAN MENGELOLA STRES DENGAN MERESPON KELUHAN