Sabtu, 26 November 2011

Pengertian Ekstradisi, Arti Ekstradisi ?

Ekstradisi adalah penyerahan yang dilakukan secara formal baik berdasarkan perjanjian ekstradisi yang diadakan sebelumnya atau berdsarkan prinsip timbale balik atas seorang yang dituduh melakukan tindakan pidana kejahatan atau atas seorang yang dijatuhi hukuman yang dilakukannya. Oleh Negara tempat melarikan diri atau bersembunyi kepada Negara yang memiliki kekuasaan hukum (yurisdiksi) untuk mengadili atau menghukumnya, atas permintaan dari Negara tersebut dengan tujuan mengadili atau melaksanakan hukumannya. Permintaan untuk ekstradisi biasanya dibuat dan dijawab melalui saluran diplomatik.
Kejahatan yang diekstradisi
Kejahatan yang diekstradisi pada umumnya hanyalah kejahan-kejahatan yang berat. Dan jenis-jenis kejahatan ini biasana dimuat di dalam daftar kejahatan yang dapat diekstradisikan dalam setiap traktat ekstradisi bilateral.
Ada suatu peraturan umum yang memberikan pengecualian terhadap kejahatan yang dapat diekstradisikan, dalam arti bahwa kejahatan-kejahatan tersebut tidak tunduk pada cara bekerja ekstradisi yaitu
1 Kejahatan Politik
2 Kejahan Militer misalnya Desersi
3 Pelanggaran Keagamaan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Ekstradisi, Arti Ekstradisi ?