Selasa, 25 September 2012

Seluk Beluk Penyakit Lupus yang dapat Anda Ketahui

Penyakit Lupus - Banyak orang tidak mengetahui apa itu penyakt LUPUS atau lengkapnya Systemic Lupus Erythematosus (SLE), sehingga cukup banyak juga yang beranggapan lupus merupakan penyakit langka dan jumlah pasiennya sedikit. namun katanya penyakit ini cukup banyak dan semakin meningkat.

Apakah LUPUS Itu ?

- LUPUS merupakan penyakit Kronik/menahun dan dikenal sebagai penyakit autoimun.
- LUPUS dikatakan great imitator alias peniru ulung, atau juga disebut penyakit seribu wajah karena menyerupai penyakit lain (mimikri).
- LUPUS dapat menyerang seluruh organ tubuh - Hampir seluruh pasien LUPUS terserang organ vitalnya.
- Gejala LUPUS mulai dari ringan sambpai berat. Manusia membentuk antibodi yang pada dasarnya melindungi tubuh dari berbagai virus, kuman, bakteri.
Pada Penyakit Lupus, produk antibodi yang seharusnya normal menjadi berlebihan. Dan antibodi ini tidak lagi berfungsi untuk menyerang virus, kuman, bakteri yang ada di dalam tubuh, melainkan justru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

Berbahayakah Penyakit Lupus Ini ? 

Jika tidak diketahui sejak dini, Penyakit LUPUS sama bahayanya dengan KANKER, JANTUNG, maupun AIDS yang bisa mengancam jiwa juga menyebabkan kematian.
Apa Penyebab Penyakit LUPUS ?
- Faktor penyebab dan pengobatannya hingga kini belum dengan pasti
- Bukan merupakan penyakita yang disebabkan oleh virus, kuman atau bakteri.
- Bukan Penyakit menular dan menurun.
- Keterlibatan genetik, hormon dan lingkungan diduga sebagai faktor penyebab LUPUS.

 Gejala Lupus
Bagaimana Mengenali LUPUS ?

- Pengenalan dini sangat sulit
- Tidak ada gejala khusus pada orang-orang yang terkena LUPUS (sesuai dengan organ tubuh yang terkena dan pemeriksaan laboratorium penunjang)

Gejala Penyakit Lupus ?

Gejala Awal yang dialami saat Penyakit LUPUS mulai bersemayam dalam tubuh :
Sakit pada sendi / tulang.
Demam berkepanjangan / panas tinggi bukan karena infeksi.
Sering merasa cepat lelah, kelemahan berkepanjangan.
Ruam pada kulit Anemia (Kurang Darah)
Gangguan Ginjal (kebocoran ginjal, protein banyak terbuang melalui urin).
Sakit di dada bila menghirup dalam-dalam.
Bercak merah pada wajah yang berbentuk seperti kupu-kupu (Butterfly Rash).
Sensitive terhadap sinar matahari. Rambut rontok. Ujung jari berwarna kebiruan / pucat.
Stroke.
Penurunan berat badan.
Sakit kepala.
Kejang.
Sariawan yang hilang timbul.
Keguguran.
Apabila 4 dari gejala tersebut terdapat pada anda, maka periksalah segera, Anda mungkin menderita penyakit LUPUS. Penyakit Lupusdapat menyerang ? LUPUS menyerang organ tubuh vital seseorang dengan sangat dahsyat.

Dengan mudahnya LUPUS dapat menyerang :
Ginjal, Jantung, Hati, Paru, Darah, Syaraf Mata, Sendi,  Kulit
Bagaimanakah Penyakit LUPUS Di diagnosis ? 

Satu hal yang perlu dikenali adalah sifat penyakit ini yang dapat menyerupai penyakit lain, sehingga seringkali pasien datang pada dokter umum atau ahli yang beragam. Umumnya, diagnosis ditemukan setelah dokter secara bertahap mempelajari riwayat kesehatan pasien dan menggabungkan berbagai keluhan itu. Setelah itu, menganalisis dari hasil pemeriksaan laboratorium dan beberapa kali pemeriksaan yang berhubungan dengan status kekebalannya.
Sampai saat ini, belum ada pemeriksaan tunggal yang bisa digunakan untuk menentukan seseorang menderita LUPUS atau Tidak.

Bagaimana LUPUS Diobati ? 

Pengobatan Penyakit Lupus tergantung dari :
Tipe LUPUS. Berat ringannya LUPUS Organ tubuh yang terkena Komplikasi yang ada
Bagaimana Sehat Bersama LUPUS ? 

Untuk Tahap Penyembuhan : Kontrol berkala ke dokter. Minum obat teratur yang diberikan oleh dokter. Membiasakan gaya hidup sehat yaitu memperhatikan keadaan fisik dan psikis, seperti : berpikir positif (sehat), jiwa sehat, tubuh sehat, mengelola stress. Nutrisi yang seimbang. Cukup latihan/olahraga dan istirahat. Cegah kelelahan yang berlebihan. Menghindari rokok dan sinar matahari. Hindari situasi atau keadaan yang membuat stress. Dukungan psikososial dari lingkungan dan edukasi yang bersifat positif dan realistis juga merupakan salah satu kunci sukses pengobatan.

Kemanakah Harus Datang Berobat ?

Bila menemui gejala-gejala seperti gejala yang bisa terjadi di atas, kita dapat mendatangi dokter pemerhati LUPUS. Dokter pemerhati LUPUS adalah dokter spesialis penyakit dalam konsultan, Hematologi, Rheumatology, Ginjal, Hypertensi, Alergi Imunology.

Siapa Saja Yang Bisa Terkena Penyakit LUPUS ? 

LUPUS bisa menyerang siapa saja dari berbagai usia dan kalangan 

Dimanakah Bisa Mendapatkan Informasi? 

Di Yayasan Lupus Indonesia. Yayasan tersebut Akan membantu untuk memberikan informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan penyakit LUPUS ataupun rujukan dokter-dokter pemerhati Lupus.

Demikianlah Seluk Beluk Penyakit Lupus yang dapat Anda Ketahui, semoga bisa menambah pengetahuan akan bahayanya Penyakit LUPUS teersebut.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Seluk Beluk Penyakit Lupus yang dapat Anda Ketahui