Rabu, 02 Januari 2013

Waspada Kanker Lidah, Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Kanker Lidah - Baru-baru ini Kanker Lidah menjadi penyakit yang banyak dicari sebab akibatnya, karena salah seorang pemain sinetron muda Cecillia Putty Vickend yang meninggal akibat penyakit kanker lidah. Memang kanker lidah ini masih jarang terjadi dan pasti setiap orang menganggap remeh bahaya Kanker Lidah ini.

Bahaya Kanker Lidah

Kanker lidah termasuk dalam kanker mulut - Penyakit ini dapat memengaruhi seluruh rongga mulut, tidak hanya lidah, tetapi juga bibir, pipi, dan jaringan dalam seperti sinus dan tenggorokan. Penting untuk segera mengambil tindakan pengobatan, karena kanker ini dapat menyebar keseluruh organ vital dalam tubuh.

Gejala yang bisa ditandai dari penyakit ini ialah adanya bintik merah atau putih pada lidah. Gejala awal dari kanker lidah cukup sulit untuk dideteksi karena tidak menimbulkan rasa sakit. Stadium awal dari kanker lidah banyak ditemukan oleh dokter gigi atau dokter yang dilatih untuk melihat perubahan halus dalam jaringan.

Salah satu tanda awal dari kanker adalah munculnya bintik putih atau merah pada lidah. Bintik ini juga dapat berkembang pada gusi atau daerah lain pada mulut. Jika Anda menemukan bintik yang tidak normal, menimbulkan rasa sakit, atau berubah warna, dan tidak sembuh dalam waktu 14 hari, maka segera lakukan pemeriksaan.

Benjolan

Benjolan atau massa jaringan yang terbentuk pada lidah mungkin adalah tanda peringatan awal kanker lidah. Perokok atau orang yang mengonsumsi alkohol berlebih dapat berisiko tinggi untuk meningkatkan penyakit ini.

Timbul rasa sakit

Kanker lidah juga dapat menimbulkan rasa sakit saat mengunyah dan menelan. Adanya benjolan dan luka pada lidah dapat dengan mudah berdarah. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan kronis atau jika rasa sakit menjalar ke telinga, segera lakukan pemeriksaan dini. Perubahan suara atau mati rasa, juga hilangnya sensasi di lidah atau mulut bisa menjadi gejala lain dari kanker lidah. Kanker mulut adalah kanker yang menyerang pada bagian-bagian mulut. Kanker ini bisa tumbuh di gusi, bibir, dinding mulut, lidah, langit-langit mulut atau dasar mulut.

Nah kanker Lidah merupakan kategori umum dari kanker mulut. Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya seperti kanker lainnya yang bukan mustahil membawa penderitanya pada kematian. Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbul daging pada lidah. Kanker tersebut akan menyebabkan terjadinya pembusukan atau ketika pecah akan terus mengeluarkan cairan.

Kanker mulut yang berada di lidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah akan berlubang dan kian lama akan bertambah besar. Sedangkan kanker mulut yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak.

Penyebab Kanker Mulut

Timbulnya kanker mulut disebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dan membuat gangguan pada jaringan sekitarnya seperti kepala dan leher. Sel-sel normal memiliki siklus hidup-mati. Namun, itu tidak terjadi pada sel penyebab kanker mulut.

Mereka terus bermutasi, menyebar, dan menyerang organ-organ sekitar sehingga menyebabkan kondisi abnormal dalam mulut. Penyebab timbulnya kanker mulut tersebut bisa disebabkan karena konsumsi alkohol, konsumsi tembakau baik dengan merokok atau menginang, dan karena faktor keturunan.

Gejala Kanker Mulut

Gejala kanker pada mulut dapat terlihat dari sejumlah ketidaknormalan yang terjadi pada mulut. Seperti pembengkakan pada mulut, perdarahan yang tidak jelas sebabnya, timbulnya rasa nyeri di bagian yang ditumbuhi sel kanker, suara jadi serak berkepanjangan, dan mengalami kesulitan untuk mengunyah, menelan, dan bahkan berbicara.

Pencegahan dan Pengobatan Kanker Mulut

Untuk menghindari terjadinya kanker mulut, biasakan untuk menghindari makanan dan minuman yang masih panas. Jika makanan/minuman masih panas, tunggulah sampai dingin.

Selain itu, bersihkan selalu mulut setelah makan. Rajin gosok gigi merupakan cara termudah untuk membersihkan mulut. Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga agar kesehatan tubuh terjaga.

Jadi, hati-hati ya akan waspada Kanker Lidah ini, jangan dianggap spele tentang penyakit ini.

Ref

 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Waspada Kanker Lidah, Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan