Minggu, 07 Juli 2013

Cara Mengatasi Kredit Macet menurut Kwik Kian Gie

Cara Mengatasi Kredit Macet - Kredit merupakan suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan. UU No. 10 tahun 1998 menyebutkan bahwa kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka watu tertentu dengan pemberian bunga. Jika seseorang menggunakan jasa kredit, maka ia akan dikenakan bunga tagihan.

Gbr dari http://www.harianjogja.com
Nah menurut Kwik Kian Gie dalam bukunya yang berjudul “Pikiran yang Terkorupsi” ada 4 cara mengatasi kredit macet, Nah bagaimana cara-cara tersebut dalam mengatasi kredit macet? Ini dia caranya.

1. Bail-out
Bila kita merujuk pada praktik dagang, yang disimpulkan bail-out yaitu mbayarin utang orang lain. caranya dapat macam-macam. kita dapat mengambil perumpamaan yang sangat jelas serta konkret. pengusaha dadang punya utang sebesar 100 miliar pada bank jebol. utangnya macet keseluruhan. kakak dadang yang bernama mamad amat kaya. dia membayar utang dadang pada bank. masalanya selesai, the case is closed.
silakan subjek di atas disubtitusi jadi pemerintah serta pihak swasta.

 2. Restrukturisasi
Pabrik punya dadang mempunyai utang dari bank jebol serta macet dengan sendirinya juga tidak punya likuiditas sekalipun. serta sepanjang masalah kredit macetnya dikerjakan, dadang tidak barangkali beroleh dana yang diperlukan untuk mempekerjakan pabriknya lagi. jelas dadang sedih. tetapi, bank yang piutangnya pada dadang macet juga sedih. apa prospeknya ? pabrik tutup terus sampai seluruh mesin jadi besi tua, serta piutang bank pada dadang turut musnah juga.

Maka bank jebol serta dadang berbarengan melacak jalan keluar. nyatanya utang dadang yang rp 100 miliyar itu terdiri dari utang pokok sebesar rp 70 miliar serta utang bunga ditambah dengan sebesar rp 30 miliar. bank jebol serta dadang menyewa konsultan.

Bertiga mereka lakukan beragam jenis scenario serta proyeksi-proyeksi. akhirnya, perusahaan dapat jalan lancar kembali bila komponen bunga serta denda dihapus. hingga dadang cuma berhutang pokoknya saja sebesar rp 70 miliar. lalu bunga untuk utang yang rp 70 miliar ini dibayar tiga tahun dari saat ini. cicilan utang pokoknya sebesar rp 70 miliar dibayar lima tahun dari saat ini. pada dadang diberikan kredit tambahan untuk modal kerja.

Bila ini dikerjakan, feasibility serta viability study, business plan, serta proyeksi-proyeksi menyebutkan bahwa pabrik dapat jalur lagi, serta kurun waktu 10 tahun dari saat ini utang pokok yang rp 70 miliar dapat terbayar kembali. sebagai kompensasi hilangnya pendapatan bunga serta denda, bank jebol minta 20 % saham perusahaan. direksi bank jebol mengambil keputusan lakukan apa yang digambarkan tadi, serta dadang menyetujuinya. ini namanya restrukturusasi.

Sebelum saat beberapa ekonomon kenamaan saat ini teriak-teriak “batalkan bail-out, janganlah bebani apbn” dan seterusnya, mereka juga kerap menyebutkan “restrukturisasi perusahaan !” apa yang mereka artikan dengan restrukturisasi perusahaan bila tidak layaknya yang digambarkan diatas ? apakah sebatas merubah letak mesing-mesin, mereorganisasi meja kursi serta sejenisnya ?

3. debt-to-equity swap

bank jebol dapat juga melacak jalur untuk bikin piutangnya pada dadang lancar kembali lewat cara lakukan debt-to-equity swap ( pengalihan utang jadi saham ). sesudah bikin studi perihal semua jenis kemungkinan serta alternative, bank jebol serta dadang tiba pada rangkuman bahwa yang sangat realistis yaitu menukar piutang pada dadang sebesar rp 100 miliar dengan kepemilikan saham perusahaan sebanayak 50 %.

Bank setuju dengan dadang bahwa perusahaan tidak punya utang lagi pada bank hingga dadang tak perlu membayar bunga. perusahaan yang dibebaskan dari pembayaran bunga dapat mulai bekerja lagi, atau arti yang lebih pas, dapat jump start lagi. jalan keluar melancarkan kembali kredit yang macet lewat cara demikianlah dimaksud ditransformasikannya utang ( loan capital ) ke dalam modal sendiri ( equity capital ). arti yang lazim yaitu debt-to-equity swap.

Bukankah banknya tidak untung dikarenakan yang semula terima bunga tiap-tiap bln. saat ini tak akan ? studi tadi memberikan, sesudah lima tahun perusahaan dadang untung besar. maka bank yang tentunya nikmati pendapatan bunga untuk lima tahun mendatang tidak nikmati apa-apa.

Walau demikian, perhitungannya yaitu sesudah lima tahun bank dapat nikmati 50 % laba yang diraih oleh perusahaan, yang menurut studi serta proyek jumlahnya besar. kalkulasi punya kalkulasi, lebih beruntung. terlebih bila kedepannya telah solid, saham-saham dijual melewati initial public offering ( ipo ) di bej dengan agio yang tinggi.

Tetapi, bukankah ketentuan bank lakukan debt-to-equity-swap itu didasarkan atas perhitungan-perhitungan yang dasaranya prakiraan serta proyeksi ? bagaimana bila meleset ? seluruh ketentuan wiraswastawan didasarkan atas proyeksi yang senantiasa memiliki kandungan risiko. lebih hebat lagi yaitu keberanian beberapa fund manager lakukan jual-beli saham.

Perhitungan nilai saham senantiasa memiliki kandungan unsur mengkapitalisasi cash flow atau laba yang dapat didapatkan di masa mendatang. di antara metode yang popular untuk memastikan nilai perusahaan yaitu yang diberi nama discounted cash flows method. metode ini mengkalkulasi nilai kontan ( net present value ) cash flows yang dapat di terima di masa mendatang untuk periode yang tak ada batasannya atau perpetual.

Pikirkan berani-beraninya meramalkan arus yang dapat masuk sampai onenindig, sampai batas waktu atau perpetual. toh, beberapa pakar di bidang ini berasumsi bahwa ini cara yang realitistis serta fair. ada cara lain yang juga populer serta lebih mudah, dikarenakan didasarkana tas angka-angka historis, yakni yang diberi nama price earning ratio atau disingkat per.

4. eksekusi jaminan kredit
Saat perusahaan utang dari bank, dalam akad kreditnya dijelaskan bahwa sebagai jaminan yaitu perusahaan itu sendiri. nah, dadang utang sebesar rp 100 miliyar. utangnya macet. bank menggunakan haknya lewat cara mengambil alih perusahaannya. karena dadang kehilangan perusahaannya, serta bank jadi pemilik 100 % perusahaan. ini namanya bank jebol lakukan eksekusi jaminan untuk merampungkan kreditnya yang macet pada dadang

Itulah 4 cara menurut Kwik Kian Gie dalam menyelesaikan kredit macet. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalaminya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Kredit Macet menurut Kwik Kian Gie