Senin, 29 Juli 2013

Kepulauan Derawan, Surga di Timur Kalimantan

Kepulauan Derawan bisa dikatakan sebagai surga tropis yang sempurna, terpencil, masih alami dengan pantai berpasir putih yang berhiaskan nyiur melambai, laut sejernih kristal yang berubah warna dari hijau menjadi biru saat matahari bersinar serta kehidupan bawah laut yang spektakuler. Penyu raksasa, lumba-lumba, ikan pari, dugong, barakuda, dan paus dapat ditemukan disini. Karena keanekaragamannya, tidak heran jika Derawan dinamakan sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.


Pulau utama di Derawan terkenal sebagai tempat menyelam dan snorkeling. Anda hanya harus berenang sedikit dari tempat tinggal untuk menjangkau area air jernih sedalam tiga meter dan melihat batu koral berwarna-warni seperti di taman bunga. 100 meter dari tempat itu, tumbuhan bawah laut terlihat lebih cantik, aktif dan dipenuhi spektrum warna. Maratua, salah satu pulau terluar Indonesia, adalah tempat terindah untuk penyelaman laut dalam karena keindahan taman lautnya. Kakaban yang ada sejak zaman purbakala, pada dasarnya adalah sebuah pulau karang dengan danau prasejarah di tengahnya tempat Anda dapat menemukan ekosistem ubur-ubur terbesar di dunia yang paling beragam, termasuk empat jenis ubur-ubur tidak menyengat yang bisa berenang terbalik. Karena alasan ini Kakaban dipertimbangkan untuk masuk nominasi UNESCO sebagai World Heritage Site (warisan cagar alam dunia).

Dikutip dari http://www.burufly.com/ ternyata hanya pulau Derawan dan Maratua yang dihuni, karenanya hotel dan guesthouse banyak terkonsentrasi di kedua pulau tersebut, baik yang dikelola investor maupun masyarakat setempat. Sejauh ini ada tiga resor di kepulauan Derawan, dengan beberapa resor dan fasilitas lainnya direncanakan untuk segera dibangun.
Tertarik untuk mengunjungi Kepulauan Derawan? Banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata murah ke Derawan, salah satunya di sini http://www.burufly.com/experiences/exploring-the-unspoiled-beauty-of-derawan/


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kepulauan Derawan, Surga di Timur Kalimantan