Rabu, 26 Februari 2014

Perlengkapan Bayi

Sebenarnya proses penyiapan perlengkapan bayi ini bisa dicicil jauh-jauh hari dengan membelinya di toko perlengkapan bayi agar tidak kelewat melelahkan si ibu. Akan tetapi, banyak kalangan menilai tabu berbelanja keperluan si kecil sampai kandungan minimal berusia 7 bulan. Kapanpun waktu yang Anda pilih, yang pasti di minggu-minggu terakhir kehamilan, semua keperluan si kecil sudah tersedia.

Selanjutnya sediakan minimal satu lusin pakaian bayi lengan panjang untuk malam dan lengan pendek untuk siang. usahakan berbahan tebal untuk malam dan yang tipis untuk siang. jangan lupa pula kain untuk bedongan dan juga kain pelapis perlak agar kulit bayi tidak langsung mengenai perlak. Sebaiknya bahan perlak dipilih yang terbuat dari karet (bukan dari plastik yang bisa membuat bayi kepanasan dan tidak nyaman).



Hal-hal yang harus di persiapkan pada saat bayi baru lahir antara lain gurita minimal satu lusin, karena hanya dipakai beberapa bulan saja, kain popok minimal empat lusin, apalagi kalau orang tua memilih untuk tidak menggunakan diapers, jumlah ini perlu ditambah kalau anak Anda lahir pada musim penghujan dan tidak ada panas, karena pada suhu yang begitu dingin bayi cenderung akan lebih sering pipis,dan jangan lupa sarung tangan bayi yang berguna untuk menghindari lecet di pipi akibat garukan tangan si bayi. Pada umumnya, ibu-ibu takut untuk memotong kuku tangan bayi yang baru berumur antara 0-2 minggu, padahal, saat berumur 0-2 minggu, kuku bayi cepat panjang.

Jika Anda tidak bisa menyusui karena alasan ASI tidak keluar, minimal sediakan dua botol yang terbuat dari plastik agar tidak mudah pecah, sehingga bisa digunakan bergantikan. Jangan lupa, cuci bersih botol susu (dengan air panas atau rebus dengan air panas), agar seluruh kotoran dan kuman terangkat. Untuk malam hari, agar lebih praktis, sediakan thermos berisi air panas. Sediakan pula keperluan untuk bedak, minyak telon, sabun, bak mandi, baby oil, shampo, boks, perlak, dan masih banyak lagi yang dibutuhkan, tetapi ingat, usahakan beli yang perlu saja agar tidak mubadzir.

Untuk membeli semua itu, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar bisa lebih menghemat, harus pintar-pintar memilih toko perlengkapan bayi murah. Kalau tidak mau repot, bisa juga membeli perlengkapan bayi secara online di toko bayi online yang banyak bertebaran di internet.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perlengkapan Bayi